Wednesday, January 4, 2017

INILAH Tips Membedakan Buah Naga Merah dan Putih! Kamu Harus tau ini!

Buah naga kini menjadi salahsatu buah favorit pilihan masyarakat. Rupanya terdapat 3 jenis buah naga, yaitu buah naga merah, putih, dan kuning. Namun yang paling sering dibudidayakan petani serta beredar dipasaran adalah buah naga merah dan putih.

Media inipun mencoba memberikan tips sederhana bagi pembaca, bagaimana cara membedakan buah naga merah dan putih. Sehingga saat membeli bisa dengan mudah membedakannya.

Tidak perlu mengupas, mengiris, maupun membelah bagian dalam buah. Dari perbedaan tekstur terluar buah naga, kita dapat mengetahui apakah daging buah berwarna merah ataukah putih.

Termasuk dalam jenis tanaman kaktus-kaktusan, dari marga Hylocereus dan Selenicereus. Daging dari buah naga kaya akan manfaat ini ada dua jenisnya. Apabila dikupas, ada yang bagian dalamnya berwarna putih dengan bintik hitam tersebar di seluruh bagian. Dengan biji sama, ada pula buah naga berwarna merah apabila dikupas.

Untuk membedakan buah naga merah dan putih tersebut, bisa dilakukan dengan mendeteksi bagian kulit terluarnya. Tanpa harus mengelupas atau memotong buah tersebut terlebih dahulu.

Menurut penuturan pedagang buah Kencana Ungu, Ilyas menjelaskan perbedaan tersebut.

Kata dia, jika dilihat dari tekstur kulit terluar, buah naga yang dalamnya putih memiliki kulit berwarna merah cerah dengan sisik-sisik besar dan sisik tersebut berwarna kehijauan. Kerapatan sisik dari buah naga putih, jelas Ilyas, juga tidak begitu signifikan. Alias lebih renggang jumlah sisiknya.

“Ukurannya (buah naga putih) juga lebih kecil. Terus kulitnya bersisiknya renggang,” jelas dia.

Sementara buah naga merah merekah, bagian kulit terluarnya berwarna merah gelap dan memiliki sisik lebih banyak dan berukuran panjang, serta memiliki warna kehijauan di bagian sisik. Ia menegaskan, kalau perbedaan signifikan bisa terlihat dari ukuran buah naga merah lebih besar. Sekaligus, sisiknya lebih banyak dibandingkan buah naga putih.

“Kalau buah naga merah sisiknya lebih rapat dan lebih banyak. Terus ukurannya juga lebih besar ketimbang (buah naga) yang dalamnya putih,” jelasnya.


Buah naga sendiri memang memiliki beragam jenis. Ada buah naga merah, putih, dan kuning. Namun, paling sering ditemui di pasaran dan dibudidayakan petani adalah buah naga merah dan buah naga putih. Itupun, saat ini masyarakat di Bontang lebih sering mendapati buah naga merah.

Meskipun terdapat perbedaan harga yang tidak terlalu signifikan, namun buah naga merah lebih mahal dibandingkan dengan buah naga putih. Per kilogramnya, buah naga merah saat ini dikenai harga Rp 15 ribu. Sementara buah naga putih, hanya Rp 10 ribu per kilogram.

“Mesti mahalan buah naga merah. Selisihnya tidak banyak kok, apalagi kalau musim hujan, harga semua jenisnya bisa turun dan tidak menentu,” kata Ilyas. (*/pre)

No comments:

Post a Comment