Monday, October 24, 2016

Punya Mobil Baru, Jangan Lupakan Hal Ini..!!!!

Punya Mobil baru???, Baca Dulu yah....

Senang punya mobil baru? Nah, ngomong-ngomong mobil baru, apa saja ya hal penting yang perlu dilakukan saat kita mendapatkan mobil baru?
 
"Prosedur standar saat serah terima mobil dari pihak dealer ke konsumen, dari pihak dealer wajib memberikan informasi dan penekanan tentang konsumen mesti membaca owners manual book atau buku petunjuk dan membaca buku garansi resmi," beber Dolf Valentino, Kepala Bengkel PT. Astra International Tbk - Daihatsu Pangeran Jayakarta, Jakpus.

Hal itu wajib karena kerap konsumen suka lupa atau memang enggan membaca buku petunjuk atau owners manual book. Sehingga kerap, konsumen sedikit-sedikit mengontak ke bengkel resmi. "Pernah kejadian ada konsumen yang komplain bila pintu mobilnya tidak bisa dibuka dari dalam. Eh setelah ditelusuri ternyata secara tidak sengaja child lock di pintu belakang terpasang sehingga tidak bisa dibuka dari dalam," imbuh Dolf Valentino.
 
Wah, wah, wah...Hal-hal sepele itu sebenarnya bisa diselesaikan sendiri dengan cara membaca dengan seksama buku manual. Pasalnya, buku itu jadi pedoman wajib memiliki dan memahami mobil baru Anda. Ya, seperti berikut ini.


1. Cek Sekeliling
Saat serah terima mobil jangan dulu senang, lakukan pemeriksaan secara visual di sekeliling mobil. Pastikan tidak ada cacat sedikit pun. Bila ada hal yang dirasa mencurigakan seperti baret atau rusak. Langsung tanyakan ke pihak yang bersangkutan.

2. Bacalah Buku Pedoman
Kenapa membaca buku pedoman pemilik? Pasalnya, seluruh informasi terkait mobil yang ada miliki tercantum di owners manual book. Jadi diwajibkan bagi pemilik mobil baru untuk membaca lebih dulu secara seksama buku pedoman pemilik. Apalagi, mobil zaman sekarang banyak sekali fitur-fiturnya dan sebagian ada tersembunyi.

3. Pahami Indikator Panel
Tidak susah memahami indikator di panel instrumen. Lagi, cukup buka buku pedoman pemilik (owners manual book). Dari info tersebut pemilik dapat mengerti bila indikator di instrumen itu menyala. Seperti kondisi oli, engine check, takaran bensin, sistem kantung udara dan lainnya. Dengan memahami kondisi indikator maka bisa mengetahui kendala yang terjadi.


4. Sistem Perpindahan Gigi
Sudah tahu transmisi mobil Anda manual tau otomatis? Nah, tetap buka buku petunjuk pemakaian. Sebab, meski mobil berbekal transmisi otomatis, enggak semua menyediakan indikator gigi di monitor di dasbor. Selain itu, di buku petunjuk pengoperasian transmisi dijelaskan bila dari posisi P maka untuk memindahkan ke posisi D harus menginjak pedal rem lebih dahulu.


5. Power Window atau Genjot Pakai Tangan?
Enggak semua pintu mobil dilengkapi power window. Masih ada yang dioperasikan dengan sistem engkol atau window by power alias diputar pakai tangan. Sesuai petunjuk buku manual, ada tombol di mana jendela bagian pengendara bisa dioperasikan dengan sekali sentuh. Sedangkan tombol lainnya, jendela depan kiri, belakang (kanan-kiri) tidak. Plus ada pengunci untuk ketiga tombol sebagai fitur safety.


6. Dongkrak dan Kunci
Di saat mogok karena ban kempis kerap pemilik kendaraan kebingungan dan kerepotan untuk melakukan pergantian ban. Pasalnya tidak tahu menahu posisi di mana dongkrak dan kunci berada. Dengan melihat buku manual maka tidak perlu lagi bingung. Seperti letak tools kit Daihatsu Sigra terletak di bawah jok penumpang depan. Untuk mengambilnya tinggal menekan tuas untuk memajukan jok dan dongkrak serta kunci pun bisa diambil.


7. Buka Kap Mesin
Nah, urusan ini nampak sepele. Tapi jangankan orang yang minjem mobil, pemilik sendiri kadang bingung saat mau membuka kap mesin. Lagi-lagi obat mujarab mengatasi dengan melihat buku pedoman. Posisi kunci pembuka kap mesin umumnya di bagian depan di atas pedal gas. Demikian juga dengan Daihatsu Sigra di mana posisi kunci pembuka kapnya di depan kanan di atas pedal gas.


8. Child Lock
Beberapa kendaraan posisi child lock yang fungsinya sebagai langkah safety mencegah anak-anak dengan mudah membuka pintu penumpang belakang kerap mudah dijangkau. Sebaiknya, keberadaan child lock ini tidak diumbar kepada anak-anak untuk mencegah hal-hal yang tak diinginkan.


9. Posisi Tutup Tangki Bahan Bakar
Kerap bikin repot saat mengisi bensin namun tidak mengetahui benar di mana posisi sebenarnya. Lihat buku pedoman pemilik maka bisa diketahui posisinya. Atau paling simpel tengok panel indikator takaran bahan bakar. Di situ akan terlihat tanda panah segi tiga penunjuk arah di mana posisinya.


10. Letak Ban Serep
Dari buku pedoman pemilik langsung diketahui di mana posisi ban serep. Ada yang di bawah dek belakang dan proses pembukaannya harus menggunakan kunci dongrak yang terletak di atas bumper belakang seperti Daihatsu Sigra. Tapi beda lagi dengan Range Rover Evoque misalnya yang terletak di dalam dek belakang. Jangan kaget juga kalau ban serepnya beda dari ban standar karena tergolong space saver. Yaitu menghemat tempat sehingga sifat pemakaian ban serepnya sementara dan harus segera dibawa ke bengkel ban sesegera mungkin. 

Baca Juga : Sadis....LCGC Renault Kwid Cuma Rp 117 Jutaan!


No comments:

Post a Comment